Friday, November 30, 2012

Besi Baja

Daftar Harga Besi Baja Terbaru 2012

PERBANDINGAN BESI DAN BAJA

BIJIH BESI (IRON ORE)

Bijih besi adalah bahan baku utama untuk pembuatan besi kasar, sedangkan besi kasar tersebut adalah bahan baku untuk pembuatan besi tempa, besi tuang dan baja.

Bijih besi didapat dari hasil penambangan bijih besi. Sedangkan bahan-bahan lain yang bercampur dengan bijih tersebut selain kotoran yang merugikan antara lain belerang ,pospor silika , tanah liat juga ada kotoran yang menguntungkan antara lain emas, platina, perak.

Adapun yang termasuk bijih besi tersebut antara lain:


1. HAEMATITE ( Fe2O3 )

Bijih besi jenis ini, mempunyai kandungan besi sekitar 65 – 70 %

Sedangkan warnanya adalah: merah tua sampai hitam.

Berat Jenis : sekitar 4,5 s/d 5,3

Bijih besi ini banyak terdapat di negara: India ,Brasilia, Rusia, Spanyol , AS dan Afrika serta Jerman.

2. MAGNETITE ( Fe3 O4)

Kandungan besinya sekitar 70 % s/d 73% ,Bijih besi ini merupakan bijih besi yang terbanyak mengandung kadar besi, sedangkan warnanya :hitam atau abu-abu ,Berat jenisnya berkisar: 4,9 s/d 5,2 ,Bijih besi ini sangat kuat dan keras.

Bijih besi ini banyak terdapat di Negara: India, Swedia, Rusia, A S, Norwegia dan Kanada.

3. PYRITIES (FeS2 )

Bijih besi ini termasuk besi sulpat, dengan kandungan besinya berkisar 45 s/d 47 %, sedangkan warnanya kuning sampai coklat

Berat Jenis berkisar : 4,8 s/d 5,1

Bijih besi ini banyak terdapat di negara: India, AS, Rusia dan Kanada.

4. LIMONITE (2Fe2O3.3H2O )
Bijih besi ini disebut juga sebagai Hydratited-Haematite, warnanya dari kuning sampai hitam, dan kandungan Fe nya sekitar 60 %, sedang kadar air sekitar 14,5 %,Berat jenisnya berkisar: 3,6 s/d 4 . Bijih besi ini terdapat di negara: India, Jerman dan AS.

5. SIDERITES (FeCO3).
Kandungan besinya sekitar 40 s/d 48 % ,sedangkan Berat jenisnya berkisar: 3,7 s/d 3,9 Warnanya kuning sampai coklat. Terdapat di negara: Rusia dan Inggris.

B. PIG IRON (BESI KASAR)

Besi kasar adalah hasil pemurnian tingkat pertama dari pada bijih besi. Kandungan besinya berkisar: 92 s/d 95% dan kadar karbonnya sekitar 3 s/d 4% ,selain itu masih ada sedikit kandungan belerang, pospor dan mangaan.

Besi kasar adalah bahan utama pembuatan

1. Besi tuang ( cast iron )

2. Besi tempa (wrought iron )

3. Baja (steel )

Proses Pembuatan Besi Kasar.

Ada beberapa tahapan untuk pengolahan bijih besi menjadi besi kasar, antara lain :

Dressing of iron ores (proses pencucian )

Calcination and roasting (proses pemanggangan

Smelting (proses peleburan ) .

TENTANG BAJA

PENGUJIAN BAJA – BAJA TULANG.

Sesuai dengan PBI 71 N I .2 pasal 3.7 maka setiap baja tulangan maupun baja yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik baja ,yang terkenal dapat dipakai. Pada umumnya setiap pabrik baja tulangan mempunyai standard mutu dan jenis baja sesuai dengan yang berlaku di negara yang bersangkutan. Pada umumnya baja tulangan yang terdapat di pasaran Indonesia dapat dibagi dalam mutu,lihat tab


MutuSebutanTegangan leleh karakteristik atau tegangan karakteristik yang memberikan regangan tetap 0,2 %
U-22U-24 U-32
U-39
U-48
Baja lnkBaja lnk Baja Sdg
Baja Krs
Baja Krs
22002400 3200
3900
4800
Keterangan:
Yang dimaksud dengan tegangan leleh karakteristik dan tegangan karakteristik yang memberikan regangan 0,2% adalah tegangan yang bersangkutan ,dimana dari sejumlah besar hasil-hasil pemeriksaan kemungkinan adanya tegangan yang kurang dari tegangan tersebut ,terbatas sampai 5 % saja.

Apabila baja tulangan dengan mutu yang meragukan (yang dikeluarkan oleh pabrik yang kurang dikenal), maka baja tulangan tersebut harus diperiksa oleh lembaga pemeriksaan bahan yang telah diakui.
Baja Tulangan Ada dua Jenis, Yaitu:

1. Baja tulangan polos (BJTP)
2. Baja tulangan deform (BJTD)
, yaitu baja tulangan yang diprofilkan.

Pengujian Tarik Baja Tulangan.
Pengujian Tarik Baja Tulangan
adalah suatu pengujian yang bertujuan untuk mencari nilai-nilai tegangan leleh, tegangan maksimum, regangan leleh, regangan maksimum , modulud elastisitas baja tulangan.
Dari hasli pengujian tersebut akan diketahui kekuatan dan mutu dari baja tulangan tersebut.

Pengujian Lengkung
Percobaan lengkung adalah pengujian mekanis secara statis dengan maksud untuk mengetahui sifat mampu lengkung dari logam yang digunakan sebagai bahan uji.

Pengujian Pukulan (impact Loading Test).
Maksud dari percobaan ini adalah untuk mengetahui sifat bahan logam yang mengalami beban bentur atau kejut pada berbagai temperatur.


Daftar Harga Besi Beton SNI

Jenis
Ukuran
Berat/btg
Harga /kg
Harga /btg
Polos
6
x
12
2.66

           26.000
BjTP24
8
x
12
4.73
        8.300
           39.259
BjTP24
10
x
12
7.40
        8.300
           61.420
BjTP24
12
x
12
10.65
        8.300
           88.395
BjTP24
16
x
12
18.94
        8.300
         157.202
BjTP24
19
x
12
26.71
        8.300
         221.693
BjTS32
10
x
12
7.40
        8.400
           62.160
BjTS32
13
x
12
12.50
        8.400
         105.000
BjTS32
16
x
12
18.94
        8.400
         159.096
BjTS32
19
x
12
26.71
        8.400
         224.364
BjTS32
22
x
12
35.81
        8.400
         300.804
BjTS40
10
x
12
7.40
        8.450
           62.530
BjTS40
13
x
12
12.50
        8.450
         105.625
BjTS40
16
x
12
18.94
        8.450
         160.043
BjTS40
19
x
12
26.71
        8.450
         225.700
BjTS40
22
x
12
35.81
        8.450
         302.595
BjTS40
25
x
12
46.24
        8.450
         390.728
.
Tren Kenaikan Harga Baja Akan Berlanjut di Kuartal II


Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia memproyeksikan kenaikan harga baja yang terjadi di kuartal I 2012 masih akan berlanjut di kuartal II. Irval Kamal Hakim, Wakil Ketua Asosiasi Industri Besi dan Baja, mengatakan di kuartal I ada kenaikan harga baja 12%-15% dan akan terus naik bertahap naik hingga Juni.

“Kenaikan harga baja internasional dari US$ 650 per metrik ton, sekarang sudah US$ 750 per metrik ton seiring kenaikan bahan baku,” kata dia di Jakarta, Kamis.

Irvan sebelumnya mengatakan kenaikan harga baja, selain karena kenaikan harga bijih besi juga dipengaruhi lonjakan permintaan baja di China. Dari 1,4 miliar ton per tahun produksi baja dunia, 50%  di antaranya atau sekitar 700 juta ton dikontribusi dari  produksi China.

Berdasarkan data Bloomberg, harga baja pada Desember 2011-Februari 2012 telah mengalami peningkatan sebesar 3% menjadi US$ 728 per ton dari sebelumnya US$ 710 per ton.

Volatilitas harga baja yang tinggi memungkinkan kenaikan maupun penurunan harga baja ke depan terjadi. Dengan permintaan baja China yang meningkat dapat menjadi pemicu kenaikan harga baja kedepan. Bila prediksi kenaikan harga baja sebesar 10% terjadi, maka harga baja akan naik dikisaran US$ 800 per ton.

Menurut Irvan, 65%-70% pasar baja nasional akan dipasok oleh produksi lokal dan sisanya dari produk impor.  

“Totalnya 9 juta ton atau naik 10% dibanding tahun ini. Itu total konsumsi untuk seluruh jenis baja,” kata dia.

Total produksi baja nasional di 2012
diperkirakan mencapai 6,3 juta ton, sehingga kebutuhan pasar sisanya sebesar 2,7 juta ton dipenuhi dari impor. Kontribusi terbesar konsumsi baja nasional masih akan berasal dari sektor infrastruktur dan otomotif.

“Impor tidak bisa dilihat per kuartal. Karena ada periode dia tinggi juga rendah. Tapi saya kira kuartal I angka impor relatif standar,” kata dia.

Menurut Departemen IFT, kenaikan harga baja dunia akan diikuti kenaikan harga produk baja nasional seiring meningkatnya harga bahan baku baja dunia. Apalagi kebutuhan baja domestik 30% dipenuhi melalui impor. Akibatnya kenaikan harga baja ini dapat membebani biaya produksi produk hilir baja.

Kebutuhan baja domestik semakin meningkat yang didorong oleh meningkatnya industri otomotif, sektor konstruksi dan infrastruktur. Apalagi dengan adanya Masterplan Percepatan, Perluasan, dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) akan mendorong permintaan akan baja, dimana program infrastruktur akan membutuhkan baja. Fase I (2011-2015) dimulainya pembangunan infrastruktur.

Tahun ini industri baja nasional diproyeksi bisa tumbuh 10% seiring dengan pertumbuhan konsumsi baja nasional.

Sumber Info :  Steel Indonesia dan Indonesia Finance Today

Baca Artikel yang lain :

 Sejarah Baja Ringan

Kelebihan Rangka Atap Baja 

Keunggulan Atap Baja Ringan  

Harga Atap Baja Ringan

Pemilihan Rangka Baja 

Rangka Baja



Penggunaan Rangka Baja dalam Proyek Konstruksi

Saat ini banyak bangunan yang sudah memakai Rangka Baja dalam setiap bangunannya, baik pemakaian rangka baja pada Atap Rumah maupun pada struktur yang lain.

Pilihan menggunakan Rangka Bajakarena dinilai rangka baja ini lebih praktis jika dibandingkan dngan material yang lain.

Jika dihitung – hitung secara ekonomi maka penggunaan Rangka baja ini sangat menguntungkan.
Berikut adalah Contoh gambar penggunaan Rangka baja dalam proyek konstruksi.


Contoh Gambar Rangka Baja

Gambar Rangka Baja

Konstruksi Rangka Baja

Rangka Baja Ringan

Kata Pencari Rangka baja dari google search
baja ringan atap,rangka atap baja ringan,rangka baja atap ringan,atap rangka baja ringan,harga baja ringan atap,harga atap baja ringan,atap baja ringan harga,harga atap rangka baja ringan,harga rangka atap baja ringan,rangka atap baja ringan harga,pemasangan atap baja ringan,konstruksi atap baja ringan

Baca Juga Artikel Lain Tentang :





 

Baja Ringan Atap

Kelebihan Baja Ringan Untuk Atap Rumah anda


Gambar Baja Ringan sebagai Atap
Baja Ringan untuk atap rumah atau bangunan memang merupakan pilihan yang tepat. Jika dahulu rangka atap menggunakan kayu dan material yang lain. Maka sekarang telah ditemukan material baru untuk rangka atap yaitu Baja Ringan untuk Atap Rumah anda.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk Baja Ringan sebagai Atap ini. Dan berdasarkan penelitian atap baja Ringan lebih Efisien dari segi anggaran, Kualita atap, maupun dari sisi perawatan Baja Ringan Atap ini.

Banyak juga perusahan – perusahan jasa konstruksi yang memilih Jenis Baja Ringan sebagai Atap pada proyek mereka karena berdasarkan hitungan – hitungan secara matematis baja Ringan atap ini sangat menguntungkan.

Saat ini juga banyak perusahanbaja di Indonesia yang telah memproduksi Baja Ringan Untuk atap dengan jumlah yang terbilang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Karena saat ini permintaan terhadap Material Baja Ringan sebagai atap rumah atau gedung ini sangat besar.

Di Dunia Kontraktor biasanya dalam suatu proyek besar perhitungan kebutuhan material yang tepat bisa menentukan keuntungan bagi kontraktor tersebut. Namun biasanya keuntungan yang besar itu harus berbanding lurus dengan Kualitas Bangunan yang telah dibuat.

Nah untuk itu Baja Ringan untukatap sangat disukai oleh kontraktor karena disamping lebih efisien bangunan Atap bangunan yang di hasilkan pun lebih berkualitas.


Baja Juga Artikel Lain Tentang :

Tahapan Menjadi Kontraktor Sukses

Sejarah Baja Ringan

Keunggulan Menggunakan Rangka Atap Baja

Pilihan Atap Rumah Menggunakan Baja Ringan

Perkembangan Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Atap Baja Ringan

Desain Konstruksi  Atap Baja Ringan  


Atap Baja Ringan adalah sebuah material untuk Rangka atap yang saat ini banyak digunakan pada bangunan rumah, kantor, sekolah, dan bangunan – bangunan yang lain.


Saat ini Atap Baja Ringan banyakdi minati oleh mastarakat umum karena harganya yang murah jika dibandingka dengan material lain seperti kayu. Rangka Atap menggunakan baja ringan ini juga tahan lama dan anti rayap sehingga membuat biaya perawatan terhadap Jenis Atap Baja Ringan ini menjadi mudah.
Ketersedian material Atap Baja Ringan di Indonesia sangat banyak, karena produksi Atap Baja Ringan oleh Perusahan baja di Indonesia itu cukup besar untuk memenuhi kebutuhan Pasar AtapBaja Ringan di Indonesia.

Gambar Atap Baja Ringan
Harga Atap Baja Ringan sangat bervariasi tergantung jenis dan dimensinya. Namun biasanya kisaran Harga untuk Atap Baja Ringan ini antara Rp. 80 Ribu sampai Rp. 150 Ribu/ Meternya. Jika anda mau mencari lebih lengkap tentang Informasi Atap Baja Ringan ini anda bisa dating langsung di toko Bangunan terdekat atau anda bisa mengunjungi situs yang khusus menjual Atap Baja Ringan ini.

Atap Baja Ringan ini tentu banyak memiliki kelebihan diantaranya adalah Murah, Tahan Lama, Anti Rayap, Anti Karat, Dll.

Jika anda mau membangun Rumah anda maka disarankan menggunakan Atap Baja Ringan sebagai pilihan untuk AtapRumah Anda.


Anda Bisa Juga membaca Artikel Lain tentang :

Cara Memilih Jenis Kontraktor 

Kelebihan Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Atap Baja Lebih Tahan Lama dan Murah

Jenis - Jenis Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Thursday, November 29, 2012

Alat Transportasi



Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Gambar Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Gambar Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Defenisi Alat Transportasi

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasidigunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasisendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udaramerupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya

Macam- Macam Alat Transportasi di Indonesia

Alat Transportasi Darat

Alat Transportasi Darat di Indonesia sangat banyak mulai dari beroda dua, tiga, dan empat. Untuk alat transportasi beroda dua yaitu Motor dan sepeda, yang beroda tiga yaitu Bajaj,Bemo,becak dll. Sementara yang beroda empat yaitu Mobil dengan katagori, Angkot, Busway, Bus, Pick Up, Truk, dll.
Ada juga Alat transportasi tranportasi tradisional Indonesia yaitu Bendi/Delman dengan menggunakan Kuda sebagai penggerak dan di daerah pedesaan yang tidak memiliki kuda biasanya ada alat transportasi gerobak dengan menggunakan Sapi sebagai penggerak.

Alat Transportasi Laut

-          Kapal

Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut (sungai dsb)[1] seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci. Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.

Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang berukuran lebih besar yang dinamakan kapal. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampau menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang digunakan bangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat. Untuk penggeraknya manusia pada awalnya menggunakan dayung kemudian angin dengan bantuan layar, mesin uap setelah muncul revolusi Industri dan mesin diesel serta Nuklir. Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane. Serta kapal yang digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.

-         Feri

Kapal feri atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat. Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong.

-          Sampan

Sampan adalah sebuah perahu kayu yang memiliki dasar yang relatif datar, dengan ukuran sekitar 3,5 hingga 4,5 meter yang digunakan sebagai alat transportasi sungai dan danau atau menangkap ikan. Sampan dapat mengangkut penumpang 2 - 8 orang, tergantung ukuran sampan. Sampan ada kalanya memiliki atap kecil dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal permanen di perairan dekat darat. Sampan biasanya tidak digunakan untuk berlayar jauh dari daratan karena jenis perahu ini tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi cuaca yang buruk

Alat Transportasi Udara

Sedangkan untuk transportasi Udara yaitu Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Kata Pencari Alat Transportasi di Google Search

alat transportasi,alat transportasi mobil,jenis alat transportasi,alat transportasi tradisional dan modern,alat transportasi modern,gambar alat transportasi,macam-macam alat transportasi,alat transportasi tradisional,alat transportasi darat,foto alat transportasi,alat transportasi udara,alat transportasi laut,alat-alat transportasi,alat transportasi Indonesia,perkembangan alat transportasi,pengertian alat transportasi,alat transportasi air,sejarah alat transportasi,alat transportasi jepang,penemu alat transportasi,alat transportasi kuno,alat transportasi umum,alat transportasi adalah,alat transportasi bus,alat transportasi padatan

Baca juga Artikel Lain Tentang :