Thursday, May 7, 2009

Bangun Rumah Minimalis, Sunter



Salah satu proyek yang sedang kami (Swandi+Widjaja architecture | interior | construction) tangani adalah proyek bangun rumah (mulai dari desain arsitektural tentunya) yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Klien kami merupakan pasangan suami istri muda dengan seorang anak balita, yang sedang naik kariernya (sama seperti sebagian klien yang sedang ataupun pernah kami tangani), menginginkan sebuah rumah tinggal 2 lantai dengan desain minimalis dan dengan budget yang cukup terbatas (400juta dengan luas maksimum 150m2). Pada awalnya agak sulit mengolahnya dikarenakan berapa pembatasan yang di lakukan oleh owner, namun pada akhirnya owner memberikan kebebasan kepada kami untuk berkreasi sehingga menghasilkan desain seperti di bawah ini, dengan tetap berpegang pada “mandat” budget yang terbatas.



Rumah dua lantai ini berdiri pada lahan seluas 180m2, berbentuk trapezium melebar di belakang (hoki kalau menurut fengshui) terdiri dari 1 Kamar Tidur uatama dengan walking closet dan kamar mandi dalam, dua Kamar Tidur anak, dapur, ruang makan, ruang keluarga, teras merangkap ruang tamu, ruang service, kamar tidur pembantu serta kamar mandi tamu/pembantu.

Salah satu hal yan membuat saya dan rekan menyukai project ini adalah klien kami sangat aware dengan value dari rumahnya, beliau memiliki pandangan bahwa rumah adalah aset, sehingga walaupun kecil (LT/LB 180/150) beliau menginginkan rumahnya di desain dengan baik sehingga nilainya akan menjadi tinggi, dan hal ini sangat jarang kami temui pada klien-klien kami yang lain. Hal ini sangat sejalan dengan visi kami yang berusaha menciptakan value pada setiap rumah yang kami desain sehingga rumah benar-benar menjadi aset yang berharga.

Untuk project berikutnya, kebetulan ada calon klien yang hendak membangun rumah di atas lahan 4x27 m2, dan ini adalah sungguh suatu project yang menantang dari segi desain, bagaimana menciptakan suatu rumah tinggal yang nyaman, indah dan memiliki value (harga jual kembali) yang lebih. Harapan saya makin banyak owner yang aware akan value desain suatu rumah walaupun ukuran tanahnya kecil dan budget terbatas.

Selamat bangun rumah! 

Artikel ini dapat di baca juga di official blog Bangun Rumah

No comments:

Post a Comment