Sunday, October 9, 2011

Artikel Desain Rumah 6: 3 LANGKAH MEMBANGUN RUMAH SUPAYA MURAH.

Biaya membangun sebuah rumah bisa dikatakan sangat bervariasi. Faktor penentunya banyak, mulai dari desain ruang, sistim konstruksi yang diterapkan dan yang paling berpengaruh adalah material yang digunakan.

Berikut tips bagaimana bisa membangun rumah dengan biaya yang relatif murah:

1. Desainlah sesuai dengan kebutuhan ruang.
Desainlah rumah anda sesuai dengan kebutuhan ruang dan kemampuan financial anda saat ini. Artinya kita harus realistis dengan kemampuan kita. Jangan terpengaruh terhadap tetangga sebelah yang rumahnya besar. Usahakan meminimalkan dinding pembatas ruangan, misalnya dengan menyatukan antara ruang keluarga dan ruang makan atau bahkan dengan dapur.

2. Sistim konstruksi yang diterapkan.
Mulai dari pondasi, kolom, ring balok dan rangka atap. Usahakan menerapkan yang sesuai dengan rumah yang akan anda bangun. Baik itu secara ukuran, dimensi dan jenisnya.

3. Material yang digunakan.
Hal ini yang sangat berpengaruh besar kecilnya biaya membangun rumah. Untuk lantai misalnya, banyak pilihan material lantai yang dipasarkan. Mulai dari lantai keramik (Rp. 30.000/m2 - Rp. 90.000/m2) , granit (Rp. 90.000/m2 - Rp. 240.000/m2 dan lantai kayu (Rp. 250.000/m2 - Rp. 500.000/m2). Nah, mana yang anda pilih...

No comments:

Post a Comment