Tuesday, September 29, 2009

Milis: Perkiraan biaya bangun rumah

Postingan terbaru ini saya ambil dari milis bangun rumah, dengan harapan konsultasi seperti ini bisa juga membantu yang membutuhkan informasi ini namun belum bergabung dengan milis.

Dari Ibu Dewi di Jakarta

Q: Selamat sore,

Maaf mau tanya, berapa dana yang perlu dipersiapkan untuk membangun rumah model apato (rumah kontrakan) Jepang (rumah sederhana) tapi tampilan luarnya kelihatan menarik di atas tanah seluas 100m2 dan akan dibangun untuk 4 bentuk rumah dengan rencana bangunan 2 di lantai 1 dan 2 di lantai 2 dengan ukuran masing-masing 50m2 (kopel) (1 km, dapur, kamar tidur 2, ruang tamu dan balkon) di Jakarta ?

Terima kasih banyak atas penjelasannya.

Salam,
Dewi

A:Salam Ibu Dewi,

Saya sudah pelajari pertanyaan Ibu, mengenai biaya pembangunan apato sebenarnya tidak terlalu mahal, tergantung jenis tanah di lokasi yang ingin Anda bangun (makin jelek tanahnya makin dalam pondasi sehingga harga makin mahal), saya asumsikan strukturnya standar saja maka biayanya mulai (mungkin bisa lebih rendah lagi sesuai permintaan Anda) dari 2,2jt/m2 (blom termasuk desain arsitektur, struktur, penyelidikan tanah, dan IMB). Namun ada yang ingin saya tanyakan kepada Anda, apakah luas tanahnya memang 100m2? Karena bila ya, tidak bisa semuanya dibangun, jangan lupa ada GSB nya bu, biasanya hanya sekitar 60% dari lahan yang boleh dibangun (Koefisien Dasar Bangunan), lain wilayah bahkan bisa lebih sedikit lagi.

Bila memang Ibu Dewi tertarik menggunakan jasa Swandi+Widjaja, mungkin bisa dibicarakan lebih lanjut ke email pribadi saya di tekywidjaja@swandiwidjaja.com, Anda mungkin bisa lebih detil berkonsultasi termasuk membicarakan batasan budget. Semoga membantu.

Salam bangun rumah!

No comments:

Post a Comment