Saturday, February 25, 2012

Memaksimalkan Dapur Mungil

gambar/sumber: dapur bersih dotlahpis

Dapur adalah tempat dimana seseorang melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan makanan untuk keluarga dirumah. dewasa ini aktivitas didapur tidak hanya dipergunakan kaum hawa ataupun ibu rumah tangga seperti kita lihat diberbagai hotel bintang lima sampai dengan restoran pinggir jalan sudah banyak kaum laki laki yang berkutat dengan bumbu masakan dan penggorengan. jadi memiliki dapur yang ideal dan indah sudah menjadi kewajiban bagi sebagian masyarakat.

Untuk hunian yang mempunyai lahan terbatas, dapur harus lebih fungsional lagi,seperti sebuah ruang yang dapat mengakomodasi segala kebutuhan didalamnya. bahkan bila benar-benar terbatas, kita bisa membuat dapur agar menampung dua fungsi sekaligus, yaitu ruang untuk memasak dan ruang untuk makan.

Tidak hanya keindahan yang mesti dimiliki dapur.kecocokan dengan kebutuhan pemilik juga harus diperhatikan. Hal - hal apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin selalu bisa memasak dengan nyaman didapur mungil anda??

Rencanakan Letak dan Bentuk

Merencakan posisi,ukuran, dan bentuk dapur itu sangat penting.agar tidak ada kesalahan dalam menentukan tata letak dapur dan anda bisa menghiasinya dengan pas.jika sudah mendapatkan posisi, ukuran, dan bentuk dapur, anda dapat menentukan posisi kompor, kulkas, tempat cuci piring, dan tempat pembuangan. jika memiliki lahan terbatas, jangan gunakan pintu atau pembatas lain karena akan semakin mempersempit ruang gerak didapur. hal lain yang perlu diperhatikan agar dapur sempit terlihat lega, jangan membeli perabotan yang besar. belilah perabotan dapur yang sesuai bentuk dan ukuran dapur mungil anda.

Jangan Abaikan Pencahayaan

Memiliki dapur mungil identik dengan ruang yang kecil.ini harus disiasati dengan adanya pencahayaan yang cukup diruang tersebut.cahaya yang cukup akan membantu anda melakukan berbagai kegiatan didapur dan juga membuat ruang  menjadi lebih nyaman. Tidak hanya cahaya, udara juga penting. jendela yang bisa dibuka, akan memasukkan cahaya dan juga udara. sirkulasi udara yang lancar adalah syarat yang harus dipenuhi sebuah dapur mungil. memiliki pasokan udara yang baik akan membuat dapur menjadi lebih nyaman karena udara didalam menjadi tidak pengap.

Lengkapi Dengan Desain Multifungsi

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, desain dapur terus berkembang, kita pun tak perlu khawatir lagi bila memiliki lahan yang sempit. kita bisa menyiasatinya dengan berbagai cara, mulai dari membuat furnitur multifungsi, meja geser, lemari piring dalam rak, sampai mebuat trik dapur dalam lemari cermin. bila dapur mungil tertata dengan baik, memasak pun jadi nyaman.
demikian tips dari saya semoga bermanfaat.







No comments:

Post a Comment