Saturday, February 9, 2013

Pekerjaan Konstruksi Beton

Pekerjaan Konstruksi Beton

Tempat Pembuatan Beton

Pabrik Pembuatan Beton

Tempat Pembuatan Beton Mutu Tinggi

Pekerjaan Beton


Pada umunya pekerjaan bangunan air dan bangunan gedung tidak luput dari pekerjaan beton, hal ini sangat penting sekali serta memerlukan perhatian khusus.

Pekerjaan beton bertulang dapat digolongkan menjadi beberapa macam yakni:

- Plat,dapat berbentuk tiang-tiang beton,dinding beton.
- Balok dapat berbentuk :balok lantai, balok T dan yang sejenis.
- Kolom dapat berbentuktiang-tiang beton.
- Luifel dan tangga.

Mobil Pengangkut Beton



Untuk dapat melaksanakan pemberian yang tepat dan baik harus merinci penulangan-penulangan tersebut antara lain ialah

- Mencari/menghitung jumlahnya besi yang dibengkokkan dan akan dipotong.
- Memisahkan dan menjumlah baerapa banyaknya tulang utama,tulang pembagi serta tulang ekstra.
- Menetukan diameter besi serta jenis besi yang dibutuhkan dengan gambar perasaan.
- Menetukan jumlah berat besi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembesian.
-  Pada pekerjaan selanjutnya sesudah mengupas penbesian dan menentukan jumlah tulang yang dibengkokkan kita harus menetukan panjangnya serta berat besi beton itu yang dipergunakan,untuk menghitung berat dan panjang tentu saja kita buatkan daftar pembengkokkan urat (daftar beton).


 
Dalam pelaksanaan pembengkokan besi beton dapat dilaksanakan dengan mesin atau dengan tangan ,dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari pada umunya di pergnakan dengan tenaga mausia kecuali apabila tenaga manusia tidak mampu lagi melaksanakan pembengkokan , ini baru dilaksanakan dengan mesin.
Merangkai besi beton dilakukan setelah pembengkokan besi-besi sudah selesai sesuai dengan krbutuhan, pekerjaan selanjutnya adalah melaksanakan pangikatan atau merangkai.



Pada waktu melaksanakan pengecoran harus diusahakan sampai selsai,angan berhenti untuk mengatasi ini pelaksanaan dapat dilaksanakan pada siang dan malam hari, pelaksanaan pengocoran dapat dimulai tepat pada panas matahari mulai surut,sebab bila dimulai pada panas matahari naik beton akan cepat menjadi kering akibatnya akan retak-retak/pecah. Dengan sendirinya persiapan dan pengaturan tenaga kerja harus baik,bila pengocoran hanya sedikit maka pelaksanaannya dapat dikerjakan pada saat-saat atau waktu yang diperlukan.
Bila terpaksa pada waktu pengocoran tidak dapat diteruskan karena sesuatu hal (hujan) maka pemberhentian pengocoran harap dilakukan pada bidang-bidang yang mempunyai momen nol,serta bekas pengocoran terakhir supaya diberi goresan atau batu tonjolan untuk tempat melakukan pengecoran selanjutnya.Pada penyambungan pengecoran antara beton lama dan beton yang baru sebaiknya diberi air semen yang kental atau diberi lem yang disebut "Calbind" yakni cairan berwarna putih yang dicampur dengan semen (pc) denan  perbandingan 19: 1 dan jangan dibiarkan lebih dari 1 jam sebab bila lebih lem tersebut tidak akan berfungsi lagi.
Pada waktu pelaksanaan pengocoran harus dipadatkan dengan jalan menusuk-nusuk dari atas atua dengan getaran dan dapat pula dengan mesin penggetar sebab alau tidak akan menghasilkan pengecoran sebagai berikut:
- Beton akan keropos atau berlubang-lubang.- Beton tidak padat.- Untuk plat dapat menyebabkan bocor.





Pada pelaksanaan membuat adukan beton yang terlalu banyak akan menyebabkan terlalu berat bagi pekerja sebaiknya dicampur sedikit dan juga harus diingat bahwa spesi beton yang telah lewat 1/2 jam sesudaj diadu akan mulai mengeras sedikit demi sedikit maka campuran tersebut harus secukupnya saja kemudian setelah habis dapat mencampur kembali.

Alat Pencampur Beton
Semen merupakan tulang punggung beton sebab semen yang mempersatukan buti-butir pasir dan kerikil, kualitas semen menetukan kualitas beton.jenis semen adalah:

- Semen portland (semen pc).   

Semen portland besi minimum dari 70% berat semen portland biasa dan maksimum 30% berat terak dapur tinggi dan dicampur menjadi satu.

- Semen dapur tinggi terdiri dari 15% - 69%berat semen biasa dan 85% -31% berat terak dapur tinggi yang dicampur menjadi  satu.
- Semen aluminium, dibuat dari CaO dan Al2 O3 bahan penting untuk ini agalah bauksit.
- Semen portland tras ,terdiri dari 70% berat semen portland dan 30% tras, semen ini kurang memberi perekatan terhadap beton.
- Semen putih,dibuat dari bahan yang murni sekalu tidak mengandung oksida lagi yang mengakibatkan warna putih,untuk membuat macam-macam warna,semen putih berwarna.
- Semen siliko, semen ini adalah campuran dari semen portland dan kwarsa yang digiling halus bersam-sama.

Berhubung semen itu bila kena air atau udara yang lembab akan menjadi keras maka dalam menimbun semen harus memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut:

- Ketika mengangkat semen ketempat penimbunan harus dijaga jangan samapai kena air.
- Lantai papan untuk tempat penimbunan harus terletak 0,3 meter dari lantai (tanah)letak dengan dinding sejauh 0,5 ; tinggi timbunan maksimum 2 meter , lebih baik lagi bila tempat penimbuan diberi aspal.
- Timbuhan berbagai jenis semen sebaiknya dipisah-pisahkan.

Jenis-Jenis beton

Beton siklop

Campurannya terdiri dari semen :pasir: kerikil + batu kli dengan diameter ± 30cm,gunanya untuk membuat pondasi sumuran.

Beton bertulang

Campurannya terdiri dari semen (pc):pasir:kerikildi tambah batang-batang besi yang digunakan khusus untuk besi beton,digunakan untuk bangunan-bangunan yang menahan gaya,besi digunakan dalam erhitungana yang menahan gaya tarik,adakalanya juga dipergunakan dari baja profil,beton ini dikatakan beton dengan tulang profil teguh,air yang digunakan ±9% tiap 1 m³ beton.

Beton tumbuk

Campurannya terdiri daro pc: pasir dan kerikil dengan air ± 5% tiap1 m³ beton.Digunakan untuk urung-urung beton,rooster, dinding-dinding rumah kadang-kadang umpak untuk bangunan semi permanen.

Beton cair

Campuran terdiri dari pc:pasir:kerikil,air yang digunakan ± 14% tiap 1 m³ beton,digunakan untuk konstruksi yang tipis-tipisdan banyak tulangannya.

Beton plastik

Campuran terdiri dari pc:pasir:kerikil.campuran ini dalam adukannya dapat dikepal dengan tangan,digunakan untuk beton bertulang yang corak tulangnya cukup biasanya dipakai perbandingan 1:2:3.

Beton dikatakan gemuk dan kurus, tergantung pada semen (pc)yang digunakan,beton dikatakan kurus bila menggunakan pc(semen)sedikit.

Pemeliharaan beton ada 2 macam yakni


Pemeliharaan  beton selama proses pegerasan sampai batas umur, cara pemeliharaan ini dilakukan dengan syarat-syarat:

- Menggenangi air  pada waktu beton masih basah ± 1 minggu setelah pengecoran;
- Tidak boleh ada muatan (kostruksi)sebelum beton berumur 1 minggu.
- Pada sisi-sisi balok dan kolo sesudah 3 hari boleh dibongkar hal selanjutnya dapat dilihat pada peraturan beton berulang

Pemeliharaan dalam hal beton sudah dapat berfungsi atau selama beton sudah diambil papan kayunya , untuk ini kita bagikan antara lain:

- Melindungi terhadap zat agresif.
- Pengecatan.
- Penelitian kecerobohan dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment